Website Resmi MAN 3 Bantul

Semarak Puncak Harlah Ke-60 , MAN 3 Bantul Gelar Pengajian Akbar

by Admin 13 Agustus 2022

Bantul (MAN 3 Bantul) – Keluarga besar MAN 3 Bantul menggelar Pengajian Akbar dalam acara peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-60 pada Sabtu (13/08). Acara ini merupakan puncak dari serangkaian peringatan Harlah yang telah dilaksanakan mulai Rabu (10/08) kegiatan Lomba Siswa Online (Lomba Video Ucapan, Lomba Quotes, dan Lomba Membuat Logo), Kamis (11/08) kegiatan Bakti Sosial dan Lomba Siswa Offline muqoddaman, Jumat (12/08) kegiatan Sarasehan/Temu Alumni, hingga Sabtu (13/08) kegiatan Pengajian Akbar.

Pengajian Akbar sebagai puncak Acara Harlah ke-60 yang digelar di Lapangan MAN 3 Bantul dibuka pukul 07.30. Segenap keluarga besar MAN 3 Bantul, guru, pegawai, siswa, wali murid, dan alumni mengikuti acara dengan khidmad. Pengajian Akbar juga disiarkan langsung melalui channel YouTube MAN 3 Bantul.

Turut hadir dalam acara Pengajian Akbar ini, Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama, H. Muntholib, S.Ag.,  M.Si; Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, H. Aidi Johansyah, S.Ag., M.M.; Komite madrasah, Drs. H. Imam Suja’i Fadli, M.Pd. I.,  Drs. H. Abdul Mujib, M.Pd.I., K.H. Muhammad Zuban, S.H.I., dan Slamet Warsito.

Acara Pengajian Akbar dibuka dengan membaca ummul kitab Surat Al-Fatihah dilanjutkan pembacaan kalam ilahi oleh Khabibah Daimah (X G). Usai pembacaan kalam ilahi seluruh peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Madrasah, dipimpin oleh dirigen Dewi Mar’atus Sholikhah (XI MIPA 1).  Dalam kesempatan Pengajian Akbar disampaikan beberapa sambutan. Kepala Madrasah MAN 3 Bantul Syamsul Huda mengawali memberikan sambutan. 

“Alhamdulillah hari ini kita memperingati Hari Lahir MAN 3 Bantul yang ke-60. MAN 3 Bantul dari waktu telah melahirkan generasi para ulama, generasi cendekiawan, generasi bermanfaat. Semoga generasi inilah yang akan meneruskan generasi para ulama, generasi cendekia, dan penerus bangsa,” tutur Huda.

Lebih lanjut Kepala Madrasah menyampaikan rangkaian kegiatan Harlah MAN 3 Bantul, yaitu Jalan Sehat, Lomba Siswa, Santunan Anak Yatim, Bakti Sosial, Muqoddaman dan Doa Bersama, Sarasehan/Temu Alumni, dan Pengajian Akbar.

Sambutan kedua disampaiakan oleh Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Selamat Harlah ke-60 untuk MAN 3 Bantul. Usia sangat fenomena, perkembangan luar biasa dalam prestasi dan kelembagaan MAN 3 Bantul. Kami menghaturkan terima kasih kepada MAN 3 Bantul yang telah menorehkan prestasi dari berbagai bidang. Kami juga menghaturkan terima kasih kepada Bapak Ibu Guru yang telah mendampingi, membimbing, dan menghantarkan anak-anak sehingga dapat meraih prestasi . Kemudian hari kami harapkan anak-anak terbentuk output terbaik. Prestasi harus dibarengi apresiasi. Prestasi MAN 3 Bantul menunjukkan potensi dan daya saing siswa MAN 3 Bantul. Siswa madrasah memiliki bekal lengkap, karakter unggul, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Marilah kita semakin berkompetisi, berkompetensi, dan berprestasi,” tandas Muntholib.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan anak yatim baik dari siswa MAN 3 Bantul maupun anak yatim sekitar madrasah. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, H. Aidi Johansyah, S.Ag. M.M. menyerahkan santunan kepada 9 anak yatim dari sekitar madrasah. Adapun santunan kepada 63 siswa yatim/piatu MAN 3 Bantul disampaikan setelah acara.

Setelah penyerahan santunan kepada anak yatim, seluruh peserta mengikuti doa bersama yang dipimpin oleh K.H. Muhammad Zuban, S.H.I. al hafiz, pengurus Pondok Pesantren Al-Rusdy. Seluruh peserta khidmad dalam memanjatkan doa.

Usai pembacaan doa, dilakukan pemotongan tumpeng dalam Puncak Acara Harlah ke-60 MAN 3 Bantul ini oleh Kasubag TU Kankemenag Bantul, H. Mukhotib, S.Ag., M.Pd.I.

“Bismillahirrahmannnirahiim. Semoga pemotongan tumpeng ini menjadi tanda tekad kita untuk MAN 3 Bantul semakin jaya,” tutur H. Mukhotib, S.Ag., M.Pd.I..

Dalam kesempatan Acara puncak Harlah MAN 3 Bantul, juga dilaksanakan launching Ikatan Alumni MAN 3 Bantul 1987-2022.

“Alhamdulillah hari ini dilaksanakan launching Ikatan Alumni. Ikatan Alumni menjadi wadah silaturahmi untuk alumni. Harapannya ikatan alumni dapat bersinergi dengan madrasah, membangun madrasah lebih baik, madrasah mandiri berprestasi, dan bermanfaat,” tandas Maksum Damyati.

Memasuki inti Pengajian Akbar, Ustaz Miftahul Khoir (Cak Coy) memandu pengajian yang diisi oleh Ustaz K.H. Tajul Muluk, M.Ag. memberikan motivasi kepada para siswa agar mencintai ilmu dengan semangat belajar, berkegiatan positif di madrasah, dan berliterasi.

“Pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan. Untuk sampai sana bersiaplah dengan memperbanyak wawasan. Cintai ilmu dengan belajar sungguh-sungguh, semangat berkegiatan positif, dan semangat berliterasi,” tutur Ustaz Tajul Muluk, M.Ag..

Para siswa sangat antusias mengikuti pengajian yang disampaikan Ustaz Miftahul Khoir (Cak Coy) dan Ustaz K.H. Tajul Muluk, M.Ag. Menutup pengajian, Ustaz Tajul Muluk memimpin doa. Seluruh peserta dengan khidmad berdoa.

Rangkaian acara Harlah ke-60 MAN 3 Bantul berjalan lancar. Setelah doa penutup oleh Ustaz K.H. Tajul Muluk, M.Ag. diumumkan juara lomba yang telah dilaksanakan dalam rangkaian Harlah ke-60 MAN 3 Bantul oleh pengurus OSIM Bima Sakti (Nafisah Putri R/XI IPS 1 dan Rifki Auzha N./XI Bahasa). Penyerahan hadiah disampaikan oleh Kepala Madrasah beserta Wakil Kepala Madrasah kepada siswa peraih juara (sal)

https://www.iafcp.or.id/

https://smallstepsgrowprofits.com/

https://www.guerrillafem.com/

https://ppibatam.com/sbsi/

https://missworldmalaysia.org/

https://ojseditorialumariana.com/

https://hr.ffi.co.id/

https://www.projectajna.com/

https://mansibolga.sch.id/