Website Resmi MAN 3 Bantul

Gelorakan Semangat Kebangsaan, MAN 3 Bantul Gelar Upacara Bendera Peringatan HUT Ke-77 RI

by Admin 17 Agustus 2022

Bantul (MAN 3 Bantul) – Masyarakat Indonesia sangat antusias menyambut Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, termasuk Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bantul. MAN 3 Bantul menggelar upacara bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia di Lapangan Upacara MAN 3 Bantul, Rabu (17/08/2022). Upacara dimulai pukul 07.00. Upacara bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia MAN 3 Bantul diikuti oleh guru dan tenaga kependidikan, serta siswa dari organisasi-organisasi madrasah, diantaranya OSIM, Dewan Ambalan, Dewan Tonti, PMR, dan FORMANZA.

Petugas dalam upacara ini merupakan siswa-siswa yang berasal dari berbagai organisasi madrasah. Bertindak sebagai pemimpin upacara Abdurrahman Fikky Zulfikar (XI MIPA 1), plenton inti, Muhammad Iqbal Putratama (XI Bahasa), Rifky Auzha Narfila (XI Bahasa), Muhammad Irham Putra Pramudya (XI Bahasa), pengibar Bendera Merah Putih Muhammad Bintang Ardiansyah (XII MIPA 2, Syahrul Ismail Sholeh (XII MIPA 2), Firly Bassam Taqqiy (XII MIPA 2), pembawa Naskah Pancasila Hafiz Indrakusuma (XII Keagamaan 1), pengatur upacara Polic  Istiqlal (XII MIPA 1), pembawa acara Stevani Hervadlina (XII Keagamaan 2), pembaca Naskah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Zahra Afiqa (XI IPS 2), pembaca doa Amrinda Yulisdia (XI Keagamaan 2), dan dirigen Nafisa Putri Rahapujo (XI IPS 1).

Kepala Tata Usaha, Bahar Rozak, S.H. menjadi inspektur upacara memperingati kemerdekaan RI MAN 3 Bantul. Bahar Rozak, S.H. dalam kesempatan amanat, menyampaikan sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X.

“Peringatan Proklamasi Kemerdekaan sama halnya dengan sebuah perenungan spiritual, yang dalam budaya Jawa jumbuh dengan menunaikan patrap, melalui adeping tekat dan cloroting batinsura-dira jayaningrat lebur dengan pangestuti, sebagai laku yang ditempuh menuju pangajab-sih kawilujengan langgeng,” tutur Bahar mengawali sambutan.

Lebih lanjut Bahar membacakan, peringatan kemerdekaan menjadi momen retrospeksi, dengan mengenang jasa para pahlawan melalui niti-laku dan napak-tilas jejak sejarah yang ditinggalkannya, serta mendoakan agar arwah para syuhada bangsa memperoleh pahala sesuai amal-bhakti, serta diterima di haribaan Allah dan diampuni segala dosanya.

“Menjadi tugas kita bersama, untuk kemudian mengisi dan memanfaatkan kemerdekaan ini, dengan daya upaya terbaik sesuai peran masing-masing. Meski sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, semua elemen bangsa harus bersinergi dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan, selaras dengan tema peringatan Proklamasi Kemerdekaan, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” tandas Bahar.

Setelah mengikuti upacara di Lapangan Upacara MAN 3 Bantul, guru dan tenaga pendidik MAN 3 Bantul serta siswa anggota organisasi madrasah5mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi yang dimulai pukul 09.00. dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih pada pukul 15.30 di Lapangan Bawuran.

Ditemui di tempat lain, pada momen Peringatan Kemerdekaan RI, Kepala Madrasah, Drs. Syamsul Huda, M.Pd. memberikan motivasi kepada keluarga madrasah dan masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.

“Kewajiban kita sekarang adalah mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat untuk umat di posisi kita masing-masing. Bagi kita yang di madrasah marilah kita menjalankan tugas dengan amanah dan disiplin, menerapkan lima nilai budaya kerja Kemenag. Melalui hal ini, siswa kita akan dapat meneladani sehingga tumbuh menjadi generasi yang berilmu amaliyah, beramal ilmiyah yang tentunya berakhalak salih dan salihah,” tandas Kepala Madrasah. (sal)

https://www.iafcp.or.id/

https://smallstepsgrowprofits.com/

https://www.guerrillafem.com/

https://ppibatam.com/sbsi/

https://missworldmalaysia.org/

https://ojseditorialumariana.com/

https://hr.ffi.co.id/

https://www.projectajna.com/

https://mansibolga.sch.id/