Website Resmi MAN 3 Bantul

Siap Implementasikan Kurikulum Merdeka, MAN 3 Bantul Studi Tiru di SMA N 2 Playen

by Admin 22 Agustus 2022

Bantul (MAN 3 Bantul) - Selasa, 16 Agustus 2022 lalu, sejumlah 23 guru dan tenaga kependidikan MAN 3 Bantul berkunjung ke SMAN 2 Playen Gunung Kidul untuk melakukan studi tiru implementasi Kurikulum Merdeka. Rombongan dipimpin langsung oleh kepala madrasah Drs. Syamsul Huda, M.Pd. Turut serta dalam rombongan studi tiru adalah pengawas madrasah Kankemenag Bantul, Heni Prilantari, S.Pd., M.Pd dan anggota Komite MAN 3 Bantul Bidang Sumberdaya Madrasah Drs. Syarif Hidayatullah, MA. Adapun ke-23 GTK peserta studi tiru terdiri dari anggota Tim Pengembang Kurikulum beserta para koordinator tim proyek penguatan profil pelajar pancasila.

Rombongan tiba di SMAN 2 Playen Gunung Kidul kurang lebih pukul 08.30 dan diterima langsung oleh Kepala Sekolah Ibu Dra. Tumisih, M.Pd beserta beberapa guru anggota Komite Pembelajaran. Setelah sedikit ramah tamah, acara dibuka oleh MC , selanjutnya Kepala MAN 3 Bantul Drs. H. Syamsul Huda, M.Pd memperkenalkan anggota rombongan serta menyampaikan maksud kedatangan. Prakata kepala MAN 3 Bantul dibalas oleh Kasek SMAN 2 Playen dengan menyampaikan ucapan selamat datang, memperkenalkan 5 orang guru yang menemaninya menyambut rombongan serta memperkenalkan SMAN 2 Playen secara umum.

Rombongan Studi Tiru dari MAN 3 Bantul telah dikelompokkan dalam 4 tim/kelompok studi. Tim 1 bertugas mempelajari Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Tim 2 mempelajari Proses Belajar Mengajar menggunakan Kurikulum Merdeka, Tim 3 mempelajari pelaksanaan program Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Tim 4 mempelajari proses penilaian dalam kurikulum merdeka. 
Kegiatan inti studi tiru MAN 3 Bantul dibagi dalam 3 tahap. Tahap pertama adalah paparan umum dari Kepala SMAN 2 Playen. Tahap ke-2 adalah sesi diskusi paralel, di mana setiap kelompok dilayani oleh 1-2 guru anggota Komite Pembelajaran SMAN 2 Playen. Tahap ke-3 adalah diskusi TPK MAN 3 Bantul, untuk berbagi hasil studi tiru.

Pada tahap pertama, Kepala SMAN 2 Playen Dra. Tumisih, M.Pd menyampaikan 12 slide yang memaparkan Program Sekolah Penggerak serta Garis Besar Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Playen. Menurut Tumisih, langkah pertama dalam implementasi kurikulum merdeka di SMAN 2 Playen adalah membentuk Komite Pembelajaran yang lalu diikutkan dalam ToT IKM. Selanjutnya, 12 guru anggota Komite Pembelajaran alumni ToT IKM ini menjadi narsum dalam kegiatan-kegiatan persiapan IKM di SMAN 2 Playen, seperti kegiatan Analisis Capaian Pembelajaran, In House Training (IHT) Profil Pelajar Pancasila (PPP), FGD Guru Mapel kelas X, IHT pengampu Fase F, dll. Selain kegiatan-kegiatan IHT tersebut, SMAN 2 Playen juga menerima pendampingan-pendampingan dari Instruktur Nasional IKM, Pengawas Dinas Pendidikan DIY serta pendampingan penyusunan KOSP dari Puskurjar Kemdikbudristek. Di akhir sesi paparan umum, MAN 3 Bantul dan SMAN 2 Playen saling bertukar cendera mata. MAN 3 Bantul menyerahkan cendera mata berupa buku-buku hasil karya literasi siswa dan guru. Sedangkan SMAN 2 Playen menghadiahkan 3 eksemplar buku karya Dra. Tumisih, M.Pd.

Sesi diskusi paralel diselenggarakan di tiga ruang berbeda. Tim 1 mempelajari KOSP SMAN 2 Playen langsung bersama wakil kepala sekolah bidang Kurikulum. Adapun tim 2, 3, dan 4 mempelajari aspeknya masing-masing bersama guru-guru anggota Komite Pembelajaran yang terdiri dari guru bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan guru TI/Informatika. Sesi diskusi paralel berlangsung selama hampir 1,5 jam. Setelah dirasa cukup, seluruh rombongan studi tiru berfoto bersama di depan gedung SMAN 2 Playen.

Sesi diskusi TPK MAN 3 Bantul dilaksanakan di meeting room RM. Remen Temen. Pada tahap ini, setiap koordinator tim memaparkan temuan-temuan hasil studi tiru, komparasi dengan tahap implementasi kurikulum merdeka yang telah dilaksanakan MAN 3 Bantul serta identifikasi hal-hal mendesak yang harus segera dilakukan. Dari hasil studi tiru ini diperoleh kesimpulan bahwa hal-hal mendesak dan penting yang harus segera dilakukan oleh MAN 3 Bantul antara lain adalah : penataan kembali alokasi jam project PPP dan guru/tim pengampunya, penyusunan LK dan modul ajar project PPP serta membuat aplikasi sederhana untuk penilaian model kurikulum merdeka. (eve)

https://www.iafcp.or.id/

https://smallstepsgrowprofits.com/

https://www.guerrillafem.com/

https://ppibatam.com/sbsi/

https://missworldmalaysia.org/

https://ojseditorialumariana.com/

https://hr.ffi.co.id/

https://www.projectajna.com/

https://mansibolga.sch.id/