Website Resmi MAN 3 Bantul

Gus Miftah Beri Orasi Kebangsaan di Depan Ratusan Siswa MAN 3 Bantul

by Admin 22 Agustus 2022

Bantul (MAN 3 Bantul) – Pendakwah kondang Gus Miftah disponsori MIND.ID menyampaikan Orasi Kebangsaan di MAN 3 Bantul, Jumat (19/08/2022). Orasi Kebangsaan Gus Miftah diikuti oleh seluruh siswa dan GTK MAN 3 Bantul. Turut hadir pula Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY,  Abdul Suud, S.Ag., M.Si.; Direktur Hubungan Kelembagaan PT. Indonesia Asahan Aluminium Dany Amrul Ichdan; dan Komite Madrasah.

Kegiatan ini merupakan amanah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) kepada Gus Miftah didukung sejumlah kementerian dan BUMN yang tergabung dalam Mining Industry Indonesia atau MIND ID. MIND ID adalah BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia yang beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk. Orasi Kebangsaan ini bertujuan untuk menanggulangi radikalisme di kalangan pelajar. MAN 3 Bantul menjadi salah satu titik dari tujuh puluh dua titik yang dipilih untuk penyelenggaraan Orasi Kebangsaan. 

“Kami mendapatkan amanah dari Bapak Presiden untuk memberikan pemahaman guna penanggulangan radikalisme di kalangan pelajar dan mahasiswa terutama para milenial,” ujar Gus Miftah.

Gus Miftah mengajak seluruh pelajar madrasah untuk hidup beragama dan berbangsa dengan menyenangkan. Usai menyampaikan kajian, digelar sesi tanya jawab. Gus Miftah menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa dan siswa antusias menyimak. Gus Miftah tidak lupa membagikan kaos dan uang bagi para pelajar yang aktif bertanya. Salah satu siswa penerima door prize bertanya bagaimana menyikapi radikalisme yang terjadi.

“Agar terhindar dari radikalisme ikutlah pendapat ahli bukan ahli berpendapat. Pendapat ahli sudah teruji sedangkan ahli berpendapat saat ini banyak namun belum tentu kebenarannya,” jelas Gus Miftah.

“Kita semua punya kewajiban menanamkan jiwa nasionalisme, tetap mencintai Pancasila sebagai ideologi,” tandasnya.
Usai acara, pendakwah bernama lengkap Kiai Miftah Maulana Habiburrahman berfoto bersama dengan guru tenaga kependidikan serta siswa MAN 3 Bantul. Gus Miftah juga berkunjung di Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul. Apresiasi diberikan oleh Gus Miftah untuk perpustakaan MAN 3 Bantul. 
Kepala MAN 3 Bantul, Drs. Syamsul Huda, M.Pd. menyampaikan ucapan terima kasih atas digelarnya acara ini. Menurutnya ini merupakan kegiatan positif dan dapat memberikan wawasan kepada siswa. 

“Kegiatan orasi kebangsaan dari Gus Miftah ini dapat memupuk cinta kebangsaan, dapat memberikan support kepada siswa. Wawasan anak-anak semakin lebih luas lagi untuk lebih mencintai tanah air, bangsa dan negaranya,” tutur Huda.
Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY, Abdul Suud, S.Ag., M.Si. memberikan motivasi kepada siswa untuk mengambil esensi cinta tanah air dengan mengaitkan ayat suci Alquran.

“Ambil esensi dari kajian hari ini. Kaitkan ayat suci Alquran dengan semangat kebangsaan,” tutur Suud.
Direktur Hubungan Kelembagaan, Dany Amrul Ichdan mengungkapkan kegiatan ini dapat mengembangkan sumber daya Indonesia.
“Indonesia memiliki kekayaan yang melimpah. MIND ID mendukung penyelenggaraan ini untuk mendukung berkembangnya sumber daya Indonesia, termasuk sumber daya manusia yang menjadi komponen penting dalam kemajuan bangsa Indonesia,” tandasnya. (sal)

https://www.iafcp.or.id/

https://smallstepsgrowprofits.com/

https://www.guerrillafem.com/

https://ppibatam.com/sbsi/

https://missworldmalaysia.org/

https://ojseditorialumariana.com/

https://hr.ffi.co.id/

https://www.projectajna.com/

https://mansibolga.sch.id/