Website Resmi MAN 3 Bantul

MAN 3 Bantul Gelar Pelepasan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024

by Admin 22 Mei 2024

Bantul (MAN 3 Bantul) -  Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Rabu (22/5/2024) menggelar Pelepasan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024 di Lapangan MAN 3 Bantul. Kelas XII yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 240 siswa. Pelepasan Siswa Kelas XII menjadi agenda spesial. Orang tua/Wali Murid siswa kelas XII turut diundangan di momen spesial ini.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Bagian Tata Usaha Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, Muntolib; Kepala Subagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul (Kankemenag Bantul), Aminuddin; Pengawas Madrasah, Heni Prilantari; Komite Madrasah Sudarman Masduki, Syarif Hidayatullah, Imam Suja'I Fadly.

Pelepasan Siswa yang dibawakan oleh Master of Ceremony, Daffa Umar Khadafi (X C) dan Atha Tsurayya (X F) ini diawali dengan tilawah oleh Abdullah Faza (XI F) dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta Mars MAN 3 Bantul yang dipandu Annisa Nurul Husna (XI B) sebagai dirijen. Selanjutnya, dalam kesempatan sambutan Kepala Madrasah Drs. Syamsul Huda, M.Pd. menghaturkan terima kasih kepada tamu undangan yang telah hadir dalam Pelepasan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024. Kepala Madrasah menyerahkan kembali siswa yang telah lulus kepada orang tua/wali dan memberikan apresiasi kepada siswa.

“Alhamdulillah anak-anak telah selesai menimba ilmu di MAN 3 Bantul. Selamat untuk anak-anak semua. Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat dan berkah, anak-anak dapat meraih sukses. Lanjutkan belajar di manapun, karena proses perjalanan hidup adalah proses belajar sepanjang hayat. Proses yang penting ialah mengenali jati diri, sedang apa, kenapa hidup, kenapa kita ada sehingga mengetahui hak agama dan diri. Semoga anak-anak menjadi orang-orang sholih-sholihah dan qurrota’ayun," tutur Huda.

Dalam sambutannya, Kamad juga memohon doa restu untuk MAN 3 Bantul yang maju dalam Lomba Perpustakaan Nasional. MAN 3 Bantul sukses menjadi Juara 1 Lomba Perpustakaan Terbaik SMA/SMK/MA se-DIY dan akan melaju dalam presentasi nasional.

“Mohon doa restu Bapak-Ibu dan hadirin sekalian untuk Perpustakaan MAN 3 Bantul yang akan maju dalam lomba perpustakaan tingkat nasional. Semoga Allah karuniakan hasil berkah dan terbaik,” ungkap Huda.

Sambutan kedua disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, Muntolib, S.Ag., M.S.I..

“MAN 3 Bantul senantiasa mencetak prestasi, mulai dari lembaga, tenaga kependidikan, dan siswa. Baru-baru ini MAN 3 Bantul mencetak prestasi menjadi juara 1 dalam Lomba Perpustakaan Nasional. Kementerian Agama Republik Indonesia memberikan dukungan penuh kepada madrasah untuk meraih prestasi. Kementerian Agama melalui madrasah membagun masyarakat humanis dan religius dengan mengintegrasikan ilmu keagamaan, ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Siswa-siswi yang hari ini MAN 3 Bantul mengikuti Pelepasan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024 juga telah meraih berbagai prestasi selama tiga tahun belajar di madrasah. Kesuksesan putra-putri didukung kerja sama baik antara madrasah dan orang tua. Harapannya setelah putra-putri dikembalikan kembali kepada Bapak Ibu orang-tua murid, putra-putri senantiasa diberikan bimbingan di rumah. Selamat untuk putra-putri MAN 3 Bantul, semoga senantiasa dimudahkan dalam meraih kesuksesan,” ungkap Muntolib.

Sebelum prosesi pelepasan siswa, hadirin disuguhkan penampilan tari dari Adhista Rafaella Inaca (X G). Tiba pada inti acara, Novi Perwitasari dan Sinta Dewi Purwati mengundang naik ke panggung satu per satu siswa kelas XII yang telah lulus untuk prosesi pelepasan. Pada sesi ini juga disampaikan penghargaan kepada 43 siswa berprestasi.

Setelah selesai prosesi pelepasan siswa, siswa kelas XII mengucapkan ikrar yang dipandu Muhammad Dahron Mustofa Maksum (XII IPA 1). Selanjutnya para siswa menyampaikan kesan pesan yang diwakili oleh Muhammad Irham Putra Pramudya (XII Bahasa).

Selain disampaikan oleh para siswa yang lulus, kesan pesan juga disampaikan oleh orang tua/wali murid. “Terima kasih kepada Bapak Ibu Guru yang mencurahkan segalanya dalam mendidik putra-putri kami. Selama belajar di madrasah anak-anak kami mungkin pernah melakukan khilaf, oleh karena itu, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami juga mohon doa restu untuk anak-anak kami. Semoga silaturahmi yang telah terjalin dapat senantiasa terjaga,” tutur Suwarsidi, S.Pd. wali Amrinda Yudisia (XII IIK 2).

Rangkaian acara prosesi pelepasan siswa selesai dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada Dewan Guru dan Tenaga Kependidikan MAN 3 Bantul (GTK). Sejumlah 5 GTK menerima penghargaan atas kinerja yang didedikasikan, di antaranya Kholif Diniawati, Ismaryati, Nur Salamah, Asfiyah, Taufik Ismail.

Rangkaian Pelepasan Siswa Kelas XII berjalan lancar. Suasana bahagia menyelimuti hadirin. Acara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh KH. Muhammad Zuban, S.H.I pengasuh pondok pesantren Al Rusdy dan foto bersama.  (sal)

https://www.iafcp.or.id/

https://smallstepsgrowprofits.com/

https://www.guerrillafem.com/

https://ppibatam.com/sbsi/

https://missworldmalaysia.org/

https://ojseditorialumariana.com/

https://hr.ffi.co.id/

https://www.projectajna.com/

https://mansibolga.sch.id/