Website Resmi MAN 3 Bantul

MAN 3 Bantul Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

by Admin 01 Juni 2024

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bantul menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di Lapangan Basket, Sabtu (1/06/2024). Upacara ini diikuti oleh guru, tenaga kependidikan, dan siswa MAN 3 Bantul. Bertugas dalam acara ini sebagai Pemimpin Upacara Daffa Umar Khadafi (X-C), Inspektur Upacara Naufal Fakhrul Ni'am Falahuddin (X-B), Pengibar Bendera Muhammad Ravi Muzaki (XI-C), Erwin Nur Fitriansyah (XI-A), Muhammad Ravi Muzaki (XI-C), Pembawa Teks Pancasila Arjuna Kasetiya (X-G), Pembaca Acara Sheela Florida Faaza (X-G), Pembaca UUD 1945 Adhisty Salwa Zweita (X-D), Pembaca Doa Ahnaf Nada S. (X D), Komandan Pleton Muhammad Ahwa Muzaki (X-G), Royan Alfi Fatoni (XI IPA 2), dan Galang Ardianto (X-G).

Bertidak sebagai Pembina Upacara, Kepala Tata Usaha MAN 3 Bantul, Sri Indah Astuti, S.Ag. menyampaikan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 yang mengangkat tema “Pancasila Jiwa pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilainilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional "Bhinneka Tunggal Ika".

Melanjutkan pembacaan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi PancasilaRepublik Indonesia, Indah mengajak seluruh komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,  serta mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Indah menutup pidatonya dengan mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Mari bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni,” tandas Indah.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini menjadi momen spesial. Momen Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila juga menjadi momen perpisahan bagi Indah setelah menyelesaikan tugas di MAN 3 Bantul. Usai upacara, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada Purna Tugas Kepala Tata Usaha MAN 3 Bantul, Sri Indah Astuti, S.Ag. yang telah menjalankan amanah sejak September 2022 hingga Mei 2024. Penghargaan disampaikan oleh Kepala Madrasah, Drs. Syamsul Huda, M.Pd.. Rangkaian Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ditutup dengan berjabat tangan dan foto bersama Purna Kepala Tata Usaha MAN 3 Bantul dengan Guru Tenaga Kependidikan serta siswa MAN 3 Bantul (sal)