Administrator
Kontributor
MAN 3 Bantul (Humas) – Kegiatan belajar mengajar pada semester genap ini terus dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Sebagai bentuk laporan perkembangan peserta didik kepada orang tua/wali murid, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bantul melaksanakan pembagian raport Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk kelas X dan XI dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pada Selasa (29/3/2022). Sebelum memasuki lingkungan madrasah, para orang tua/wali murid diwajibkan menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh menggunakan alat otomatis, dan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan.
Pengambilan raport PTS ini dilaksanakan secara bergantian untuk mengurangi kerumunan. Kegiatan ini dilaksanakan pukul 13.00-14.30 di kelas masing-masing. Wali kelas menyampaikan raport PTS kepada setiap orang tua/wali siswa dan menyampaikan evaluasi hasil nilai siswa selama tiga bulan terakhir. Tujuan evaluasi tersebut ialah agar orang tua/wali murid mengetahui perkembangan anak.
Perkembangan siswa yang disampaikan wali kelas tidak hanya perkembangan nilai akademik saja, tetapi disampaikan pula penilaian spiritual dan sikap yang juga mempengaruhi nilai yang diberikan oleh Bapak/Ibu guru pengajar. Lebih lanjut wali kelas menyampaikan informasi kegiatan pembelajaran kelas X dan kelas XI setelah kegiatan PTS.
Kepala madrasah Drs. Syamsul Huda, M.Pd. berharap hasil peniaian selama tiga bulan di semester genap tahun pelajaran 2021/2022 ini menjadi evaluasi siswa sehingga semakin semangat dalam belajar. “Nilai dalam raport PTS merupakan nilai murni. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh ini harapannya menjadi bahan evaluasi dan anak-anak semakin giat dalam meningkatkan prestasi,” ungkap Huda.
Momentum pertemuan dengan orang tua/wali murid ini juga menjadi kesempatan untuk evaluasi program madrasah secara umum. Guna evaluasi ini, MAN 3 Bantul menyampaiakan kuesioner Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) untuk diisi orang tua/wali kelas. Orang tua/wali kelas dapat memberikan penilaian, saran, dan masukan untuk peningkatan pelayanan MAN 3 Bantul. SKM ini dilakukan secara berkala. Berdasarkan survei-survei yang dilakukan sebelumnya, indeks kepuasan masyarakat terhadap MAN 3 Bantul senantiasa meningkat. Hal ini menggambarkan pelayanan di MAN 3 Bantul yang berkualitas. (sal)