Administrator
Kontributor
Bantul (MAN 3 Bantul) – Pengembangan literasi di MAN 3 Bantul semakin menggeliat. Tidak hanya terbatas dalam meningkatkan minat baca siswa, namun juga meningkatkan dan mengembangkan potensi siswa dalam menulis. Program pengembangan literasi yang digawangi perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul memberikan pendampingan, pembimbingan dan juga pengarahan kepada siswa untuk menga minat dalam menuliskan karya. Hal ini seiring dengan program madrasah yakni mengembangkan literasi seluruh civitas madrasah.
Seiring dengan usaha untuk kesuksesan program tersebut, perpustakaan Ulil Albab menyelenggarakan workshop penulisan yang diikuti perwakilan siswa dari setiap kelas. “Kami membatasi peserta workshop, mengingat aturan protokol kesehatan yang harus kami terapkan. Workshop ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan juga pelatihan guna mengembangkan bakat siswa dalam menulis cerpen maupun puisi,” ujar kepala perpustakaan Kholif Diniawati, saat ditemui di acara workshop.
Kegiatan workshop yang diakhiri dengan pengumplan karya peserta, bisa terkumpul 79 puisi karya siswa dan 22 cerpen karya siswa. Hasil karya siswa dicetak menjadi 2 buah buku yakni buku Antologi Puisi Siswa berjudul Whispering of the Soul, sedangkan buku Antologi Cerpen Siswa berjudul Senjana Asa. Kedua buku dicetak ber-ISBN dan dibagikan kepada seluruh peserta workshop yang berhasil mengumpulkan karya. 100 siswa yang terdiri dari 79 penulis puisi serta 22 penulis cerpen menerima buku dari perpustakaan Ulil Abab dan berfoto bersama dengan kepala madrasah Drs Syamsul Huda, M.Pd beserta Kholif Diniawati.
“Saya sangat mengapreasi semangat siswa-siswi yang telah berhasil menorehkan karya. Menulis memang tidak mudah, namun manfaat menulis sungguh sangat besar, bahkan dengan menulis bisa menjadi amal jariyah yang akan mengalirkan pahala terus menerus. Untuk itu kembangkan potensi yang dimiliki dengan menghasilkan karya yang lebih banyak lagi,” pesan Huda saat mendampingi siswa siswi berfoto bersama di lapangan madrasah, Kamis (27/1/2022). (lif)