man 3 bantul MAN 3 BANTUL
Berita

MAN 3 Bantul Gelar Bimtek Pelayanan Prima

Administrator

Kontributor

13
Jumat, 07 Januari 2022 · 14:19 WIB
Blog Image

Bantul (MAN 3 Bantul) – MAN 3 Bantul menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Pelayanan Prima, Senin (2 November 2021). Bimbingan Teknik (Bimtek) Pelayanan Prima mempunyai makna strategis untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya  peserta didik dan wali murid. Segenap guru dan tenaga pendidik (GTK) MAN 3 Bantul mengikuti Bimtek ini di Ruang Aula.

Kepala Madrasah Drs. Syamsul Huda, M.Pd. mendorong segenap GTK untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. “Guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, mari kita tingkatkan kedisiplinan dalam bekerja. Lingkungan madrasah yang terletak di wilayah pondok pesantren mendukung pembentukan karakter anak sehingga segenap GTK berperan memberikan teladan kepada siswa,” tutur Huda dalam kesempatan sambutan.

Hadir Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY (Kasi Guru) Abdul Suud, S.Ag., M.Si. dalam acara Bimtek Pelayanan Prima ini sebagai narasumber .   Abdul Suud, S.Ag., M.Si. mengungkapkan Guru dan Tenaga Pendidik menjadi kunci keberhasilan dalam penyelenggarakan pemerintahan.

“Aparatur menjadi pelayan  masyarakat yang menjadi kunci keberhasilan penyelenggaraan pemerintah, sehingga perlu senantiasa meningkatkan kompetensi,” ungkap Suud.

Lebih lanjut Suud memberikan penjelasan tentang asas dan prinsip pelayanan publik . Asas pelayanan publik meliputi Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, partisipatif, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban. Adapun prinsip pelayanan publik meliputi kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kesederhanaan, sarana prasarana, kedisiplinan, kesopanan, keramahan, kenyamanan.

Selain itu, Abdul Suud, S.Ag., M.Si. menekankan pula peningkatan branding madrasah, peningkatan inovasi, dan penguatan sistem untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. GTK MAN 3 Bantul sangat antusias menyimak materi Bimtek dan mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Kegiatan Bimtek ini berjalan lancar hingga penutup. Pelayanan prima menjadi komitmen MAN 3 Bantul untuk membangun generasi emas calon pemimpin umat masa depan.  (sal)