Administrator
Kontributor
Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi setiap satuan pendidikan, tak terkecuali MAN 3 Bantul. Menjawab tantangan pembelajaran daring ini, MAN 3 Bantul melaksanakan pelatihan daring E-learning Madrasah selama dua hari pada Senin dan Selasa, 12-13 Juli 2021. E-learning Madrasah adalah sebuah aplikasi pembelajaran daring yang ekonomis, mudah digunakan, dan memiliki fitur lengkap yang dirancang oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK). Pelatihan E-learning Madrasah ini berlangsung kurang lebih selama dua jam setiap harinya mulai pukul 13.00-15.00 melalui ruang maya Google Meet. Guru-guru sangat antusias dan semangat dalam mengikuti penyegaran tentang E-Learning dari rumah masing-masing. Pelatihan daring ini merupakan penyegaran dari pelatihan luring yang pernah diadakan di madrasah pada tahun pelajaran yang lalu.
Pelatihan pada kali ini merupakan langkah untuk mempersiapkan pembelajaran daring pada tahun pelajaran baru 2021/2022. Penerapan E-Learning Madrasah di MAN 3 Bantul telah berjalan satu tahun sejak tahun pelajaran 2020/2021 bersama dengan penggunaan aplikasi-aplikasi lain. Guna merapikan kelengkapan pembelajaran, pada tahun ajaran ini penerapan E-Learning Madrasah akan lebih difokuskan dan dimantapkan.
Kepala Madrasah Drs. Syamsul Huda dalam sambutan menyampaikan bahwa pada masa perkembangan teknologi saat ini diperlukan inovasi agar pembelajaran dapat berjalan sistematis. Terlebih pada masa pandemi saat ini menuntut pembelajaran daring dapat diakses dengan mudah oleh peserta didik.
“Fasilitas dari E-Learning Madrasah ini perlu dimanfaatkan agar proses pembelajaran dan kelengkapan administrasi tersimpan rapi. Pemanfaatan teknologi dapat menjadi solusi pembelajaran jarak jauh sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik,” ungkap Huda.
Evi Effrisanti, S.TP. selaku Kepala Laboratorium Komputer memberikan tutorial E-Learning Madrasah dalam pelatihan ini. Mulai dari persiapan membuat ruang kelas digital, membuat video conference, mengunggah administrasi pembelajaran, mengunggah bahan ajar, membuat penugasan pengetahuan dan ketrampilan untuk siswa, hingga melaksanakan proses penilaian. Disamping itu, guru juga diberikan tutorial untuk mengenalkan siswa mengoperasikan E-learning Madrasah. Selama pelatihan guru dapat mempraktikkan secara langsung penggunaan E-learning Madrasah. Diharapkan pelatihan yang berlangsung dua hari ini dapat memantapkan guru dalam mengoperasikan E-Learning Madrasah sehingga pembelajaran daring dapat terlaksana lebih sistematis. (sal)